Just another Information

Wednesday, November 14, 2012


     Hubungan masyarakat atau sering disingkat menjadi humas adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam keprcayaan publik terhadap suatu individu/organisasi.
Tak salah jika saya ingin berkeinginan menggeluti bidang itu.Orang yang bergabung dibidang humas akan merasa percaya diri,mandiri,dan tidak pernah membeda-bedakan suku,agama dan ras.Seorang humas selanjutnya diharapkan untuk membuat program-program yang mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upaya mempertahnkan,menciptakan,dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya.Dari sini lah seorang calon humas akan dilatih jiwa kepemimpinannya bagaimana ia bisa menyanggupi usaha-usaha diatas demi kesuksesan suatu individu atau organisasi.karena humas merupakan titik penunjang tercapainya suatu tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi.

     Mensukseskan suatu organisasi menjadi keinginan tersendiri bagi saya untuk memilih bergabung dibidang humas.Rasa percaya diri itu yang membuat saya semakin yakin kalau humas adalah pilihan terbaik.Walau sebenarnya humas merupakan bidang yang paling berat tugasnya dan paling besar tanggung jawabnya,tetapi disini pula yang menjadi alasan memilih humas,yaitu "ingin bertanggung jawab".Tidak semua orang bisa mempertanggung jawabkan perkataannya,tidak semua orang bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya,namun berbeda dengan humas,Humas berani mempertanggung jawabkan perkataannya karena humas adalah orang yang jujur.Orang yang terjun langsung kelapangan untuk mencapai tujuan adalah orang yang jujur,berani menahan resiko,dan berni mempertaruhkan segalanya demi tercapainya tujuan suatu organisasi.

   Tujuh puluh persen dari kegiatan seorang humas berhubungan tulis menulis bak seorang jurnalis,humas juga mempunyai tugas-tugas spesifik lainnya,diantaranya adalah :
1.merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/keterikatan pesan.
2.melakukan segmentasi media,dimana seorang humas harus mmampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak dengan elektronik.
3.komunikasi interaktif.
4.menjaga reputasi perusahaan/organisasi melalui pemanfaatan kekuatan pesan dari seorang humas.
5.Penjualan simpatik,dan pastinya ini sangat penting dilakukan langsung oleh seorang humas.
6.memberi pelayanan terhadap masyarakat.
7.memanfaatkan komunikasi yang akrab kepada khalayak.

     jadi dari bentuk tugas secara spesifik seorang humas diatas,dapatlah diberi kesimpulan bahwa seorang humas adalah mejadi kunci keberhasilan suatu badan/organisasi,karena seorang humas memiliki tugas yang sangat berat yaitu meyebar pesan keseluruh khalayak untuk mencapai tujuan.
     Mungkin dari itu lah saya memilih menjadi humas diorganisasi saya,karena saya ingin memberi yang terbaik buat organisasi dan diri saya.
Mungkin bagi sahabat blogger bisa memberi pendapat dari artikel saya ini tentang "berat dan besarnya tugas seorang humas" bisa meninggalkan komentar dibawah ini!!
Terima kasih.

baca pula artikel tentang motivasi lainnya disini!!!
juga baca tentang artikel khusus remaja disini!!!
baca juga motivasi lainnya yang gak kalah menarik disini !!
Categories: ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment