Just another Information

Tuesday, November 13, 2012

selamat malam sahabat blogger,kali ini saya mau berbagi pengetahuan tentang perpustakaan digital.Langsung saja mari kita bahas bersama-sama.
faktor sejarah :
Abad pertengahan tahun 60,ketika database online tersedia pada sejumlah perpustakaan di Amerika Utara pada tahun 60.Di Indonesia berawal tahun 80-an ketika kegiatan otomasi mulai dilakukan perpustakaan.Automasi mulai diperkenalkan pada sistem perumahtanggaan(library house keeping).
pada 10 tahun terakhir ini,perubahan yang terjadi sangat fantastis.,.Beraneka ragam sumberdaya informasi elektronik banyak dikembangkan oleh para pustakawan dan penerbit,terutama dinegara maju.Terminologi baru untuk menyebut sumber daya informasi atau bahan perpustakaan itu muncul seperti electronic journal,electronic book dan sebagainya.
Ada dua teminologi yang sering disebut menyatakan perpustakaan digital.Pertumbuhan pesat dibidang produksi bahan-bahan berbasis elektronik(electronic based) telah melahirkan ungkapan electronik library dan digital library.Perpustakaan digital adalah suatu lingkungan perpustakaan dimana berbagai objek informasi (dokumen,images,suara,dan video-clips) disimpan dan diakses dalam bentuk elektronik.
Sebelum istilah perpustakaan digital menjadi populer,kalangan pustakawan sudah berbicara tentang perpustakaan elektronik (electronic library).Salah satu pendukung ide tentang perpustakaan jenis ini adalah kenneth Dowlin,yang menulis sebuah buku berjudul The Electronic Library tahun 1984 dan menggambarkan ciri perpustakaan elektronik sebagai berikut (Collier,1997) :
  • memakai komputer untuk mengelolah sumberdaya perpustakaan
  • menggunakan saluran elektronik untuk menghubungkan penyedia informasi dengan penggunan informasi
  • memanfaatkan transaksi elektronik yang dapat dilakukan dengan bantuan staff jika diminta oleh pengguna
  • memakai sarana elektronik untuk menyimpan,mengelola,dan menyampaikan informasi kepada pengguna.
Dari konsep diatas dapat dikatakan bahwa tidak ubahnya dengan penerjemah prinsip-prinsip lama dari kepustakawanan kedalam elektronik.
Salah satu defenisi perpustakaan digital yang dapat dikutip datang dari Digital Library Federation menyatakan bahwa perpustakaan digital adalah berbagai organisasi yang menyediakan sumber daya termasuk pegawai yang terlatih khusus  untuk memilih,mengatur ,menawarkan akses,memahami,menyebarkan,menjaga intregitas,dan memastikan keutuhan karya digital sedemikian rupa sehingga koleksi tersedia dan terjangkau secara ekonomis oleh sebuah atau sekumpulan komunitas yang membutuhkan.
bagi sahabat yang mau juga membaca artikel tentang bagaimana pustakawan bisa juga sahabat baca disini tentang image pustakawan

sampai disini dulu artikel tentang perpustakaan digital,semoga bermanfaat,dan apabila ada komentar mengenai hal diatas silahkan posting saja,pasti akan lebih menarik jika kita diskusikan dengan berkomentar.

sumber :dasar-dasar ilmu perpustakaan dan informasi-Jonner Hasugian







artikel terkait


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment