Just another Information

Saturday, April 6, 2013

Daftar Istilah-Istilah Penting Pada Blog | Blogger
selamat siang sahabat blogger, kali ini saya mau berbagi pengetahuan aja dulu deh kepada para blogger khusus nya yang masih newbie atau pemula, karena saya rasa penting mengenal istilah istilah dalam blog sebelum memulai. Istilah istilah ini diibaratkan sebagai kamus atau buku panduan dalam dunia blog, jadi setelah memulai blog, tidak kebingungan lagi bila menemukan kata kata yang sedemekian rupa :D
oke,disini akan saya share sedikit apa yang saya tahu tentang peristilahan dunia blog, silahkan disimak sob :

  1. blog
    merupakan hal yang paling utama untuk dikenali dalam sebuah blog, blog singkatan dari weblog merupakan aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman website.
  2. blogger
    merupakan seorang si penulis atau pemilik blog, 
  3. Blogging
    merupakan kegiatan yang dilakukan oleh blogger dalam dunia blog
  4. Blogwalking
    walking artinya berjalan, blog walking berarti berjalan-jalan ke blog lain,atau dalam istilah lain berkunjung ke blog lain
  5. Posting
    merupakan artikel atau tulisan yang ditulis oleh blogger untuk dibaca oleh pengunjung
  6. Blogsphere
    istilah yang digunakan untuk menjelaskan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog
  7. laman
    merupakan postingan yang dibuatkan tempat khusus diatas posting, dan bisa dikatakan sebagai menu
  8. coment
    yaitu komentar yang diberikan oleh pengunjung untuk memberikan umpan balik atau feedback kepada blogger
  9. SPAM
    merupakan komentar yang dibuat hanya untuk mendapat backlink dan tidak ada sangkut paut nya dengan artikel yang sedang dibahas
  10. Link hidup (aktif)
    merupakan sebuah teks (biasanya pada komentar) yang menggunakan bahasa html untuk menjadikan nya sebuah link biasanya ditulis seperti ini <a href="alamat url">blog aku</a>
  11. Link mati (pasif)
    merupakan link yang dibuat tanpa ditambah dengan html,misalnya http://blog-aku.com/
  12. tata letak
    merupakan bagian dari blog. Bagian ini digunakan oleh blogger untuk mengatur/memindah/menghapus atau menambah gadget/widget pada blog
  13. template
    sebuah pola atau desain yang ada pada blog,yang berisi tulisan berbentuk html. Berfungsi untuk mengedit tampilan blog.
  14. HTML
    Hyper text markup Language adalah bahasa yang digunakan dalam membuat suatu website,dalam bahasa ini harus menggunakan dua tag ,yaitu tag pembuka <-> dan tag penutup <->
  15. SEO
    search engine Optimization merupakan sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah web/blog agar mudah ditemukan oleh search engine seperti google.
  16. Java script
    java script merupakan bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web untuk menambah tampilan atau memberi perintah pada suatu blog.Misalnya penambahan widget pihak ketiga menggunakan java script
  17. Followers
    Gadget dari Blogger untuk mengikuti suatu blog. 
  18. CSS
    CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
  19. jQuery
    Merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.
  20. Feed
    Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog
  21. RSS
    Merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala. 
  22.  XML
    Merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
  23. Atom
    Atom adalah sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah web atau blog.
  24.  Ping
    Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher, yaitu sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam dunia blogger, ping merupakan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa blog kita telah di update.
  25. Pro Blogger
    Seorang blogger profesional atau yang sudah berpengalaman dalam dunia Blogging.
  26. URL
    Merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, rangkaian karakter menurut format dan standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat link tertentu. Misal : http://dhanicyx.blogspot.com
  27. Alexa Rank
    Sebuah peringkat website yang dibuat oleh situs Alexa.com. Alexa Rank menampilkan peringkat website berdasarkan trafik pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser mereka. Bila nilai angka pada Alexa Rank blog kita semakin kecil, maka akan semakin bagus.
  28. PageRank
    PageRank merupakan cara (algoritma) untuk memberikan peringkat pada halaman web yang mencerminkan seberapa penting halaman web tersebut dengan halaman web lainnya. PageRank digunakan pada mesin pencari (search engine) seperti Google. Skor PageRank berkisar antara 0 - 10. Bila nilai angkanya semakin besar, maka akan semakin bagus.
  29. Domain
    Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan komputer atau internet.
  30. Hosting
    Tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
  31. Plug-In
    Sebuah modul program komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik.
  32. Social Bookmarking
    Suatu web untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi alamat situs yang dianggap favorite.
  33. Social Network
    Layanan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam untuk mempermudah pengguna (user) untuk berinteraksi, seperti chat, email, video, blog dan Lain - lain.
  34.  Black Hat SEO
    Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara ilegal yang melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan mesin pencari (search engine) seperti Google. 
  35.  White Hat SEO
    Suatu teknik yang dipergunakan oleh seorang webmaster untuk mengoptimasi web atau blog mereka dengan cara legal dan tidak melanggar peraturan (TOS) yang ditetapkan oleh search engine.
  36. Duplicate Content
    Konten hasil duplikasi (biasanya berupa teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. Biasanya terjadi pada blogger yang suka copas,dan googke sangat tidak menoleransi duplicate content.
  37. Subscriber
    Pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.
  38. Niche Blog
    Suatu kata/frase untunk topik atau subjek bahasan tertentu yang terfokus dan diminati oleh kalangan tertentu.
oke,,itu dulu deh sob yang saya kasih istilah nya, kalo ngasih tau yang saya  belum tau sama aja ntar, :D
semoga bermanfaat sob !!


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments:

Post a Comment